Sabtu, 20 April 2013

contoh proposal #2


Contoh Proposal
1. Strategi bisnis: 
o Belum adanya usaha serupa yang dijual di sekitar komplek tersebut
o Adanya produk-produk atau jasa yang saling menguatkan dan saling menutupi atas kemungkinan akan fluktuatif pembeli. (one stop book shopping, printing, software building & designing)
o Tidak mengenal adanya musim
o Iklan di internet, majalah (majalah wildan gratis), e-mail dan melalui milist, maupun direct marketing berupa penyebaran brosur.
o Usaha antar-jemput
o Timing tepat : Anak masuk sekolah
o Tempat yang tepat dekat dengan pasar swalayan aneka buana dan dekat dengan kampus-kampus Islam dan kampus umum (UIN, Universitas Muhammadiyyah membuka kelas computer)
o Penjualan dilakukan di dunia virtual maupun dunia offline (sebenarnya).
o Pembelian produk dari supplier bisa on demand (atas permintaan) dan bayar mundur.
 
o Target market tidak hanya terhadap local (jabodetabek), akan tetapi lebih berifat internasional.
o Target market tidak hanya terhadap individu (buku, obat-2an, baju muslim/koko) akan tetapi juga terhadap pemilik usaha (web, hosting, printing, designing) dengan below the line:
- printing
 
- publishing
- shopping : tas anak sekolah, buku (note book), buku paket siswa (pegangan siswa), buku-buku computer/umum, buku-buku manhaj salaf, kitab-kitab berbahasa Arab, majalah Islam.
- designing meliputi : cover buku, cover vcd, internet, dan berbagai aplikasi lain yang bisa diterapkan di rumah tangga maupun industri/perusahaan seperti X-Banner.
- obat-obatan Islami
 
- software scripting
- videografi & Multimedia interaktif
- berbagai produk yang tidak terkategorikan seperti di atas seperti : VCD kajian, VCD Murottal, Kaset Kajian, Kaset Murottal, minyak wangi, siwak, baju muslim/koko, madu, ATK dll.
 
o Penjualan: sistim bagi hasil laba bersih, penjual: 30%, pemilik: 70%. Berupa kios, di lokasi yang banyak dilewati orang-orang dan strategis baik yang akan pergi berangkat kerja maupun berbelanja di pasar swalayan aneka buana atau hanya sekedar jalan. Dan dibantu dengan letak strategis di lingkungan kampus.
 
o Estimasi modal Barang (buku, obat-obatan dan lain sebagiannya/barang yang akan dijual Rp. 10.000.000
o Estimasi laba per bulan : (pemasukan - pengeluaran) =
(laba kotor - ongkos) =
( 14.500.000 – 4.200.000) = Rp 10.300.000




2. Kebutuhan modal awal: 
o Rak buku : @ Rp. 400.000 (sudah plittur) = 4 x 400.000 = 1.600.000 + 200.000 (ongkos kirim)
o Meja kasir + Kursi : Rp. 250.000 (Perkiraan)
o Line Telp. Rp. 500.000
o Sambungan Internet
o Kendaraan
o Scanner = Rp. 900.000
o Pesawat telp./fax
o Printer
o Kipas Angin Rp. 250.000 (perkiraan)
 
o 1 buah kios Rp 20.000.000 /thn = 1.777.777/bulan
o Promosi : spanduk, pamflet, kartu nama, flyer, X-Banner, Nota : Rp 1.000.000
 
o Beli Barang (buku, obat-obatan dan lain sebagiannya/barang yang akan dijual Rp. 10.000.000
o Total : Rp 16.400.000
 

3. Ongkos rutin bulanan:
 
o Listrik + Telp. = Rp. 1.000.000 (perkiraan)
 
o Internet provider Rp. 2.000.000
o Sewa etalase @ Rp. 200.000 x 6 = 1.200.000
o BBM = 200.000
o Total : Rp 4.400.000,-
 

4. Estimasi pemasukan:
Diperkirakan bisa menjual:
- Buku 200 (sehari dianggap laku 7 buah) @ 30.000 dengan harga penerbit diskon 40 prosen/buku = 2.400.000
- VCD 50 (sehari dianggap laku 2 buah) @ 25.000 dengan harga publisher diskon 40 prosen/buah = 500.000
- Obat-obatan 350 (sehari dianggap laku 12) @ 45.000 dengan harga diskon 40 prosen/buah = 6.300.000
- Design & cetakan Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu cetakan)
- Design Internet Rp. 2.000.000 (satu bulan dianggap dapat satu design)
- Design Multimedia interaktif dan videografi Rp. 1.000.000 (satu bulan dianggap satu design)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar